RS PKU Wonosobo Ikuti Launching Virtual Sistem TI Manajemen Covid-19

Senin, 15 Feb 2021 | 10:19:20 WIB - Oleh Humas RS PKU Muhammadiyah Wonosobo


RS PKU Wonosobo Ikuti Launching Virtual Sistem TI Manajemen Covid-19

Usai sudah program Mentari Covid 19 yang merupakan program Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19 di 30 Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah (RSMA) yang tersebar di 7 propinsi. Di Jawa Tengah sendiri ada 11 Rumah Sakit, salah satunya adalah RS PKU Wonosobo.

Program tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah dan USAID yang telah dilaksanakan sejak Juli 2020 lalu hingga Januari 2021. USAID sendiri merupakan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat yang bertugas membantu Negara lain dibidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan.

Berakhirnya program Mentari Covid itu diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom dengan tema Seremoni 7 bulan kolaborasi MPKU – USAID sekaligus acara launching sistem IT RS Muhammadiyah Aisyiyah untuk manajemen Covid 19, (Kamis 11/02/2021).

Hospital Manager RS PKU Muhammadiyah dr. Izzatul Muna menuturkan, dalam program ini USAID telah memberikan bantuan berupa 1 unit Covid Swab Booth, Perlengkapan APD dan VTM yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi pihak RS dalam melakukan penanganan covid-19.

“Kita berterima kasih sekali dan bersyukur telah mendapatkan bantuan dari USAID. Kita benar-benar sangat terbantu dalam melaksanakan tugas penanganan covid, terlebih dengan adanya sistem IT ini membuat kita lebih baik lagi dalam melakukan manajemen data”, ungkap Dokter lulusan Universitas Negeri Solo (UNS) yang akrab dengan sapaan dr. Muna itu.

Lanjutnya, sistem informasi ini merupakan teknologi aplikasi berbasis web yang mencakup medical record pasien dan telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen COVID-19 MCCC PP Muhammadiyah serta sebagai media komunikasi yang lebih cepat antar rumah sakit.

Hadir dalam acara, Direktur USAID Indonesia Ryan Washburn, Ketua PP Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrohman, Ketua MPKU PP Muhammadiyah Drs M Agus Samsudin MM, Direktur Layanan Rujukan Kemenkes dr Asral Hasan MPH, dan 30 direktur RSMA.

Direktur USAID Indonesia Ryan Washburnada mengungkapkan, meski program telah berakhir namun ke depan akan ada program-program kesehatan lainnya yang akan dikolaborasikan antara USAID dengan Muhammadiyah. Melalui USAID, Ia pun akan selalu mendukung 30 pusat perawatan COVID-19 di jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah untuk memberikan perawatan yang lebih baik dan berharap RS Muhammadiyah dapat berbagi dengan rumah sakit swasta lainnya di Indonesia dalam pengembangan layanan kesehatan.

Drs. Agus Samsudin, MM selaku Ketua MPKU (Majelis Pembina Kesehatan Umum) PP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada USAID yang telah memberikan batuan serta bersama Kementerian Kesehatan telah mengawal dalam menghadapi covid selama ini.

Ia juga mengapresiasi tim Muhammadiyah Empowerment Taskforce Respons Initiative for covid 19 (MENTARI) yang sudah melakukan semua program dengan baik. Dalam acara tersebut Agus yang juga penanggung jawab program MENTARI COVID-19, sekaligus Ketua MCCC Muhammadiyah, secara virtual melaunching sistem IT Mentari covid antar rumah sakit Muhammadiyah-Aisyiyah.

Diakui Rita Rogayah selaku Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (YANKES) Kemenkes RI bahwa bantuan USAID dan Muhammadiyah sangat membantu meringankan beban Rumah Sakit sekaligus membantu Pemerintah dalam menangani pasien COVID-19.

Meski program telah usai, Muhammadiyah akan tetap berkomitmen melanjutkan perjuangan penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal itu diungkapkan Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, dr Agus Taufiqurrohman. (apr)

-------

Sumber : https://wonosobozone.com/2021/02/11/rs-pku-wonosobo-ikuti-launching-virtual-sistem-ti-manajemen-covid-19/



Selasa, 04 Agu 2020, 10:19:20 WIB Oleh : Humas RS PKU Muhammadiyah Wonosobo 361 View
Penghargaan KMKP Award Semester 1 Tahun 2020 RS PKU Muhammadiyah Wonosobo
Jumat, 06 Mar 2020, 10:19:20 WIB Oleh : Humas RS PKU Muhammadiyah Wonosobo 1847 View
RS PKU Muhammadiyah Wonosobo menjadi salah satu dari Muhammadiyah COVID-19 Command Center

Tuliskan Komentar