Layanan Psikologi

Kamis, 01 Agu 2019 | 14:04:33 WIB


PROFIL PSIKOLOG

Psikologi adalah ilmu terapan yang mempelajari perilaku manusia dan fungsi mental manuasia. Melalui ilmu psikologi kita mampu mengendalikan perilaku yang diharapkan atau perilaku yang sesuai dengan norma.

Dengan hadirnya Poli Psikologi RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, harapannya mampu memberikan perawatan dan pertolongan pada pasien yang membutuhkan melalui pendekatan kognitif, behavior, psikoanalisa, dan humanistic.

Puwidian Ningsih, S. Psi, M. Psi, Psikolog lahir di Banjarnegara, 13 April 1998. Mendapatkan gelar profesi PSIKOLOGI KLINIS di UNIKA Semarang. Memiliki pengalaman kerja lebih dari lima tahun dalam bidang psikologi.

 


LAYANAN POLI PSIKOLOGI

 Konsultasi                                                   

Tujuan konsultasi adalah mengetahui permasalahan secara lebih spesifik apa yang dihadapi klien atau orang yang berhubungan hal yang di konsultasikan klien sampai menemukan solusi atau upaya - upaya berkelanjutan apabila diperlukan. Konsultasi dapat dilakukan pada klien atau keluarga klien yang berhubungan dengan klien.
Layanan Konsultasi meliputi :
a.Konsultasi problem pribadi, keluarga dan anak
b.Konsultasi hambatan tumbuh kembang untuk anak berkebutuhan khusus
c.Konsultasi berhubungan dengan sekolah, dunia kerja.

Waktu: 30 - 45 Menit

 

 Konseling                                                     

Konseling dapat dilakukan dengan cara individual maupun kelompok dengan tujuan untuk membantu klien agar klien menyadari potensi yang klien miliki dan memanfaatkan potensi mentalnya secara optimal demi peningkatan kebermaknaan hidup atau kualitas hidup klien. Tujuan dari konseling adalah Memfasilitasi perubahan perilaku klien, Memfasilitasi coping skill klien. Memfasilitasi kemampuan klien pengambilan keputusan, Memfasilitasi kualitas hubungan klien dengan orang lain, dan menjadi pribadi yang lebih bermakna.
Konseling dapat dilakukan pada anak, remaja, dewasa maupun lansia

Waktu: 60 - 90 Menit

 

 Psikoterapi                                                     

Adalah kegiatan intervensi dengan menggunakan prinsip?prinsip psikologi untuk membantu mengatasi problem psikologi, membentuk pemahaman dan/atau perilaku klien agar dapat berfungsi secara optimal. Tujuan psikoterapi adalah membantu klien agar dapat mengatasi problem psikologi yang sedang dihadapi, membentuk pemahaman dan/atau perilaku agar dapat berfungsi cara optimal. Psikoterapi dapat dilakukan pada anak, remaja, dewasa maupun lansia.
Kasus yang biasa didapatkan :

1. Hambatan emosi /mood

6. Depresi

2. Kecemasan berlebihan

7. Gangguan traumatik

3. Phobia

8. Kasus bullying anak

4. Hambatan tumbuh kembang anak

9. Permasalahan keluarga

5. Permasalahan personal

10. Hambatan belajar anak

 

 

 

 

 

 

Waktu: 60 - 90 Menit

 

 

 Psikotes Pendidikan                                    

Beberapa serangkaian alat tes yang disajikan kepada klien dengan tujuan untuk mengetahui potensi klien sehingga bisa mengop????malkan potensi dalam diri nya potensi intelegensi, emosi, kreativitas, sosial klien (disesuaikan dengan kebutuhan anak).
Psikotes yang dimaksud adalah:

  • Tes intelegensi/tes kecerdasan
  • Tes Kreatifitas dan verbal
  • Tes kesiapan masuk sekolah

 

 Psikotes Industri                                          

Beberapa serangkain alat tes yang disajikan kepada klien dengan tujuan untuk mengetahui potensi klien, yang meliputi:

  1. Tes kepribadian
  2. Psikotes kesiapan untuk sekolah lanjutan
  3. Psikotes untuk kesiapan penempatan pekerjaan