Wujudkan Akurasi Diagnosa : RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Laksanakan Kalibrasi Alat Kesehatan Berkala.

Peralatan kesehatan harus memiliki performance yang ketat dalam hal ketelitian (accuracy), kepekaan (sensitivity), reproduksibilitas dan aspek keselamatan (safety aspec). Sehingga dalam penggunaannya akan selalu siap pakai dan memenuhi standar teknis pemakaian peralatan. Untuk itu, RS PKU Muhammadiyah Wonosobo lakukan uji kalibrasi alat kesehatan pada Senin – Kamis, 13 – 16 Agustus 2018.

Dalam pelaksanaannya, RS PKU Muhammadiyah Wonosobo menggandeng LKU UAD sebagai tim penguji alat kesehatan. Adapun beberapa alat kesehatan yang dikalibrasikan meliputi alat ICU, Perinatal, VK, IBS, Rawat Inap, Radiologi, Laboratorium dan beberapa tempat lainnya. Pengujian dan Kalibrasi Alat ini memiliki peranan penting untuk menjamin mutu tingkat akurasi fasilitas kesehatan. Selain itu, kalibrasi alat dapat meningkatkan keamanaan penggunaan alat dan tingkat akurasi diagnosa.

“Uji Kalibrasi alat perlu dilakukan mengingat bahwa Peralatan yang mempunyai keluaran (output) tidak tepat akan menyebabkan kurang tepatnya hasil diagnosa dan dosis theraphy. Juga dari segi keamanan alat terhadap pasien, operator dan lingkungan dari bahaya radiasi. Begitu pula peralatan yang telah dipergunakan dalam kurun waktu tertentu dan tidak pernah dilakukan pemeliharaan menyebabkan turunnya tingkat keandalan peralatan, keamanan tidak terjamin dan kondisi alat tidak terkontrol.” Ujar Rauf Sabakingkin, ST; selaku Kepala Unit Sarana Prasarana RS PKU Wonosobo yang membawahi Sub Bidang Elektromedik.

Uji Kalibrasi Alat dilaksanakan oleh RS PKU Muhammadiyah Wonosobo secara berkala, sebagaimana ditetapkan dalam Permenkes No. 363/Menkes/Per/IV/1998 bahwa “Alat kesehatan yang dipergunakan di sarana pelayanan kesehatan wajib diuji atau dikalibrasi secara berkala, sekurang-kurangnya 1 kali setiap tahun, karena tingkat teknologi, beban kerja dan umur sangat mempengaruhi kinerja alat kesehatan, baik untuk akurasi, ketelitian maupun keamanannya”.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan pelayanan prima dengan mengutamakan mutu dan keselamatan pasien. Harapnnya, Fasilitas di PKU Wonosobo dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien dan keluarga yang telah mengikhtiarkan pelayanan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.