Upaya Memantapkan Terciptanya Rumah Sakit Syariah : RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Turut Berpartisipasi dalam Pelatihan Asessor Sertifikasi Rumah Sakit Syariah Sesuai Standar DSN MUI

Pada 30-31 Agustus 2018 diselenggarakan Pelatihan Asessor Rumah Sakit Syariah oleh MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) di Hotel Sofyan Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari rumah sakit yang telah berstandar syariah sesuai standar DSN MUI, salah satunya adalah RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.

Pelatihan Asessor Rumah Sakit Syariah sesuai standar DSN MUI dilaksanakan atas kerjasama antara MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Dalam pelatihan ini, dr. Akhmad Muzairi, MARS selaku Direktur RS PKU Muhammadiyah Wonosobo dan Erwin Saleh selaku Manajer SDI dan Keuangan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo turut serta berpartisipasi. Pelatihan Asessor Rumah Sakit Syariah sesuai standar DSN MUI bertujuan untuk mempersiapkan dan mendidik calon asessor agar dapat melakukan sertifikasi rumah sakit syariah sesuai dengan pola yang berstandar DSN MUI.
Pada pelaksanaannya, ada berbagai macam materi yang disampaikan dalam pelatihan ini seperti Pengantar Syariah, Pengantar manajemen rumah sakit, Sertifikasi dan produk halal dan juga standar sertifikasi Rumah Sakit berdasarkan DSN MUI.
Adapun diakhir pelatihan ini, peserta akan mengikuti kegiatan simulasi sebagai bentuk pemanasan dan implementasi materi yang telah disampaikan. Simulasi ini dipandu oleh para pemateri yang tentunya sudah berkompeten di bidangnya. Simulasi juga menjadi materi penutup dalam pelatihan ini. Harapannya dengan adanya simulasi ini, peserta pelatihan akan semakin paham terhadap materi yang telah disampaikan.
Dengan turut serta berpartisipasi pada pelatihan ini, diharapkan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo dapat senantiasa menjaga sekaligus memantapkan komitmen terciptanya rumah sakit syariah sesuai dengan standar DSN MUI yang telah ditentukan. Dan juga, dapat menghasilkan calon-calon asessor sertifikasi rumah sakit syariah sesuai standar DSN MUI yang kompeten tentunya.