Persiapan Menjadi Rumah Sakit Wahana Intersip: Dokter RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Ikuti Pelatihan Dokter Pendamping Program Intersip Dokter Indonesia (PIDI)

Setiap dokter lulusan fakultas kedokteran harus menjalani proses pemantapan mutu profesi untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan dengan mengikuti program intersip di sebuah Rumah Sakit dan Puskesmas. Program tersebut dilaksanakan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik dilapangan. Begitu pentingnya program nasional ini sehingga Rumah Sakit yang menjadi Wahana Intersip wajib mempersiapkan segala bentuk penunjang program tersebut, salah satunya dengan mengirimkan perwakilan dalam Pelatihan Dokter Pendamping Program Intersip Dokter Indonesia (PIDI).
RS PKU Muhammadiyah Wonosobo mengirimkan dua perwakilannya, yaitu dr. Anggie Swastika dan dr. Dyan Ratna SYP dalam Pelatihan Pendamping Program Intersip Dokter Indonesia (PIDI) Periode III Tahun 2018 yang diadakan oleh kementerian Kesehatan RI melalui penyelenggara Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto Kemenkes pada tanggal 27 – 31 Agustus 2018 di Bandara International Hotel, Jakarta. Pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh dokter pendamping dokter intersip yang telah ditunjuk dari berbagai Provinsi di Indonesia.

“Pelatihan PIDI ini diharapkan mampu meningkatkan kemahiran, kemandirian dan kompetensi bagi kami para Pendamping program intersip. Output dari keikutsertaan kami berdua dalam Pelatihan PIDI tersebut untuk menjadikan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo sebagai Wahana Intersip yang kondusif sehingga menciptakan para dokter yang siap Andil dalam praktik kedokteran yang riil di masyarakat. InshaAllah kami disini belajar dan berjuang untuk menuju arah kemajuan bagi RS PKU Muhammadiyah Wonosobo ” Ujar dr. Anggie Swastika yang dalam post test program pelatihan tersebut mencapai nilai tertinggi diantara para peserta lain.
Menjadi Wahana Intersip merupakan salah satu langkah untuk memajukan Bagian Pendidikan dan Pelatihan di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo utamanya di bidang Kedokteran. Harapannya, program tersebut juga mampu menjadi sebuah jembatan untuk terus bersinergi dengan lembaga lain, dalam hal ini istitusi pendidikan di bidang kedokteran dan dengan Kementerian Kesehatan RI yang memiliki program Intersip berskala nasional.