Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan, RS PKU Muhammadiyah Wonosobo adakan Pelatihan Optimalisasi Model Asuhan Keperawatan Profesional (MPKP)

Kamis, 27 Agustus 2018 RS PKU Muhammadiyah Wonosobo mengadakan pelatihan Peningkatan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Melaui Optimalisasi Model Asuhan Keperawatan Profesional selanjutnya akan disingkat “MPKP “di Ruang Serba Guna dr. Erwin Santosa lantai 2 RS PKU Muhammadiyah Wonosobo. Pelatihan yang di inisiasi oleh bidang keperawatan PKU Wonosobo tersebut diikuti oleh 55 perawat yang terdiri dari Kepala ruang dibawah area kerja bidang keperawatan, komite keperawatan, primer nurse dan associate nurse.

Pelatihan tidak hanya berfokus pada materi terkait “MPKP” namun juga praktek dari pemberlakuan “MPKP” agar dapat diterapkan secara optimal di area kerja keperawatan dan kebidanan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo secara real. Pelatihan yang berlangsung selama 7 jam tersebut disampaikan langsung oleh Manager Keperawatan, yang sebelumnya telah melakukan Exhouse Training Manajemen Keperawatan selama 9 hari penuh di RSUP Sardjito Yogyakarta, Ketua Komite Keperawatan dan salah satu Kepala Sub Unit di area bidang keperawatan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.

“Tujuan dari pelatihan ini agar tercipta pelayanan asuhan keperawatan secara prima dan berorientasi pada mutu serta keselamatan pasien, mengoptimalkan keberadaan komite keperawatan sebagai wadah pengembangan kompetensi dan mutu keperawatan, dan bisa mengaplikasikan model asuhan MPKP setiap area kerja keperawatan sehingga tepat guna, efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan.” Ujar Ari Nurlaeli, S.Kep Ns. selaku Manager Keperawatan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.

Selain itu pelatihan tersebut juga mampu memberikan perlindungan dan batasan yang jelas bagi perawat terkait dengan tugas dan wewenangnya dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan Prima di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo. Pelatihan ini menjadi salah satu dari banyak upaya dari RS PKU Muhammadiyah Wonosobo dalam menjalankan misi-misinya terkait dengan pemberian pelayanan prima, menyediakan insan PKU Wonosobo yang berkompeten dan profesional, serta menciptkan sistem kerja yang inovatif, efektif dan efisien. Hal tersebut menjadi salah satu fokus dari RS PKU Muhammadiyah Wonosobo dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat Wonosobo dan sekitarnya yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien.